Rabu, 04 Mei 2011 Tags: 0 komentar

Fi'il Tsulatsi Mazid

Fi 'il Tsulatsi Mazid (yakni Fi 'il yang terdiri dari tiga huruf asal, lalu ditambah huruf tambahan satu, dua atau tiga hurun itu ada empat belas bab. Adapun empat belas tersebut dibagi menjadi tiga bagian seperti yang akan diterangkan.

Adapun yang pertama disebut ruba 'i/fi 'il tsulatsi mazid (yakni fi 'il yang terdiri dari tiga huruf asal lalu ditambah satu hurun. Fi 'il Ruba 'i . (Tsulatsi mazid) babnya ada tiga, yaitu :
  1. Wazan Contohnya : , asalnya :
  2. Wazan Contohnya : , asalnya :
  3. Wazan Contohnya : , asalnya :
Contohnya :
Adapun yang kedua disebut Fa'il Tsulatsi mazid Khumasiy (yakni fi 'ii yang Terdiri diri tiga huruf asal lalu ditambah dua huruf tambahan). Adapun babnya itu ada lima,yaitu :
  1. Wazan Contohnya : , Asalnya :
  2. Wazan Contohnya : , Asalnya :
  3. Wazan Contohnya :, Asalnya :
  4. Wazan Contohnya : , Asalnya :
  5. Wazan Contohnya : , Asalnya :
Adapun yang ketiga disebut Fi'il Tsulatsi Mazid Sudasi(yakni Fi'il yang terdiri dari tiga huruf asallalu ditarnbah tiga huruf tarnbahan).Adapun babnya itu ada enam, yaitu :
  1. Wazan Contohnya , asalnya :
  2. Wazan Contohnya , asalnya :
  3. Wazan Contohnya , asalnya :
  4. Wazan Contohnya , asalnya :
  5. Wazan Contohnya , asalnya :
  6. Wazan Contohnya , asalnya :
Adapun Fi'il Ruba'i Mazid (yakni Fi'il yang terdiri dari empat huruf asal lalu ditambah satu huruf atau dua huruf tambahan) itu ada dua macam. yaitu :
1. Fi'il Ruba'i Mazid Sudasi (yakni Fi'il yang terdiri dari empat huruf asal lalu ditambah dua huruf tambahan). Adapun babnya itu ada dua. yaitu :
    1. Wazan Contohnya ,asalnya :
    2. Wazan Contohnya , asalnya :
2. Fi'il Ruba'i Mazid Khumasiy (yakni Fi'il yang terdiri dari empat huruf asal lalu ditambah satu huruf tambahan). Adapun babnya itu ada satu, yaitu :
    1. Wazan Contohnya , asalnya :

No Response to "Fi'il Tsulatsi Mazid"

Poskan Komentar